Kamis, 25 Oktober 2012

Monumen Jalesveva Jayamahe - Surabaya

Monumen jalesveva Jaya-Mahe (Monjaya) dibangun untuk mengingatkan bahwa nenek moyang negeri ini seorang pelaut. Jalesveva Jayamahe yang beararti di laut kita tetap jaya’ menggambarkan seorang per-wira menengah TNI Angakatan Laut berpakaian lengkap ( tenue pdu I ) yang menatap ke arah laut. Sosok yang mewakili generasi penerus dengan penuh keyaki-nan dan siap menerjang ombak serta menempuh badai menuju ke arah yang di tunjukan yaitu cita-cita bangsa Indonesia da-lam wadah NKRI yang adil dan makmur.

Monjaya merupakan “tetenger” dilaksanakannya tongakat estafet dari generasi baru untuk menyelesaikan tugas kepada generasi berikutnya. Bangunan di kawasan ujung Surabaya sebelah barat dermaga Madura ini, juga dapat di gunakan sebagai menara lampu pemandu (mercusuar) bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitarnya.

Patung dengan tinggi 31 meter in berdiri di atas gedung setinggi 29 meter. Pada bagian dinding gedung terdapat diorama sejarah kepahlawanan pejuang-pejuang bahari sejak jaman pra revolusi fisik sampai tahun 1990-an. Monjaya di bangun tahun 1990dan di resmikan 5 desember 1996 oleh presiden soeharto. Pembangunan monjaya di gagasan, bagaimana pun majunya suatu bangsa hendaknya harus tetap berpijak pada sejarah:bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya.

Selain patung berukuran ‘raksasa’, di pelataran monjaya terdapat pula sebuah gong yang memiliki ukuran terbesar di seluruh dunia. Gong ‘raksasa’ yang di beri nama kiai tentrem ini di buat dengan menggunakan bahan logam kuningan yang di lapisi anti karat “cotting”.

Gong seberat 2,2 ton ini memiliki ketebalan 6 mm, dan berdiameter 5m. pembuatnya adalah perajin gamelan home industry pimpinan sutarjo dari desa pelemlor, kabupaten bantul, yogyakarta.

Fasilitas lainnya sebagai objek wisata, adalah pujasera yang menyediakan souvenir sebagai oleh-oleh yang letaknya sekitar 300 meter dari monjaya.Berbagai model dan jenis tas,pakaian, topi, dan atribut mengenai TNI AL di jual di sini. Selain souvenir, pujasera ini juga menyediakan aneka minuman dan minuman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar